Tren Keperawatan Sekarang Dan Masa Depan

 

 

 

 



TREND KEPERAWATAN SEKARANG DAN MASA DEPAN


Oleh :

Tarmo, S.Kep., Ners
Perawat Ahli Madya
Perawat RSUD Dr H. Moch. Ansari Saleh

 

 Dengan adanya Undang-undang Keperawatan No.38 tahun 2014 yang sudah di sah kan  oleh rapat Paripurna di Dewan Kehormatan Tertinggi Repuplik Indonesia, DPR RI membuat perawat perawat Indonesia sudah memiliki badan hukum yang tetap. Artinya mulai itu juga perawat Indonesia sudah sah untuk bisa bekarya dan bersaing dengan perawat perawat luar negeri didalam menghadapi era pasar bebas MEA.Begitu juga organisasi Perawat yang ada di Indonesia yaitu PPNI (PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA) yang sebagai wadahnya perawat nasional secara otomatis dapat  bergerak lebih maju lagi dengan membuat kebijakan kebijakan yang harus berjalan dengan melakukan pendataan ulang perawat nasional Indonesia dengan serta  mengatur  setiap DPW, DPD, serta komisariat komisariat yang ada di daerah seleuruh penjuru di Negara kesatuan NKRI dapat terkafer dan terdata dengan rapi di setiap wilayah dari daerah sampai ke pusat dengan layanan onlinenya,yaitu dengan SIM K nya cukup  dengan kartu identitas kependudukan (KTP) dan ijazah terakhir dan di daftar kan ke online SIM K  dan secara langsung ke DPP PPNI di Jakarta data nya sudah dapat tersave.

Sistem pendataan anggota PPNI sudah bagus sudah sesuai saja dengan perkembangan digital dimana era sekarang sangat membantu teman teman kita dalam hal berkomonikasi sehingga tidak ketinggalan berita. Perawat yang mau berkembang harus juga memiliki STR yaitu Surat Tanda Registrasi yang di keluarkan oleh kementrian Kesehatan MKI Pusat dan wajib bagi perawat yang sudah lulus D III S1 KEP NERS maupun jenjang yang lebih tinggi lagi. Dan juga untuk era tahun 2014 setiap kelulusan sekolah perawat harus mengikuti uji kompetensi yang di selenggarakan oleh pendidikan tinggi keperawatan  yang sudah diatur oleh Undang Undang Keperawatan No. 38 tahun 2014,untuk saat ini masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mencapai kelulusan uji kompetensi hal ini mungkin sistemnya yang belum ideal atau ada faktor dari peserta didik nya yang kurang siap dalam hal persiapan mengikuti ujian tersebut, Penulis berharap kepada penyelenggara uji kompetensi yang akan datang harus serta merta memikirkan juga persiapan nya ,terutama dari intitusi pendidikan baik stikes maupun universitas  yang bernaung di bawah Dikti agar bisa mempersiapkan peserta didik yang di nyatakan lulus dari keperawatan untuk lebih menyiapkan diri untuk persiapan uji kompetensi yang akan di selenggarakan oleh panitia uji kompetensi dari penyelenggara pendidikan keperawatan.

Maka dari itu perlunya persiapan matang dari peserta didik keperawatan sehingga bisa lulus uji kompetensi. Seandainya peserta didik bisa lulus 100% di  setiap tahun nya maka  akan  terpenuhi perawat Indonesia yang bersertifikat kompetesi, dan secara otomatis STR (Surat Tanda Registrasi Perawat) juga terbit dan siap untuk bekerja secara “PROFESIONAL” baik di instansi pemerintah maupun swasta atau ke luar negeri. Tapi untuk perawat yang dibawah tahun 2014 tidak ada ikut uji kompentensi dan di ijinkan untuk mengurus pembuatan STR. tahun pertama masih sangat mudah dan kurang lebih 1 bulan selesai. makin lama STR  tersebut makin kacau dan di tunggu- tunggu, dan tidak  juga  STR tersebut jadi dan diterima  oleh teman teman yang sudah mengusulkan. Tapi sudah beberapa tahun lalu membuat STR kadang sangat lama dan tidak tahu lagi kapan STR nya jadi, bahkan ada  yang mengusulkan lagi yang ke2x nya dengan usulan baru lagi dan bayar lagi. Kemudian yang sudah terbit baru membuat lagi surat ijin praktik keperawatan yaitu SIPP Surat Ijin Praktik Perawatan yang di keluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dimana dia tinggal, memang semuanya itu harus di laksanakan oleh perawat perawat baru yang memang masih banyak beranggapan bahwa tahun 2010-2011 dan mengajukan perpanjangan nya juga mengalami masalah baru yaitu harus mempunyai 25 skp yang harus di capai secara periodik selama 5 tahun. Itulah   liku-liku yang harus di capai oleh perawat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, kadang penulis  berandai-andai saja kapan Dewan” KONSIL KEPERAWATAN INDONESIA “ada di setiap wilayah daerah yang berkedudukan di Pusat,Propinsi dan Kabupaten Kota resmi keberadaan nya sehingga perawat perawat yang melakukan perpanjangan STR nya tidak mengalami kendala ataupun dimudahkan nya pengurusan ataupun perpanjangan STR nya sehingga keberadaan Organisasi PPNI sangat bermanfaat bagi anggotanya.

Untuk sekarang ini juga masih banyak perawat perawat yang belum bergabung dengan organisasi  perawat dan posisi perawat masih pendidikan SPK(Sekolah Perawat Kesehatan) dan jumlahnya tidak sedikit angkanya di sekitar 7 ribu lebih seluruh Indonesia. Penulis sangat senang sekali apabila system nya sudah bisa berjalan dengan lancar, sehingga tidak ada keluhan teman-teman sejawat perawat Indonesia. Kapan ya perawat Indonesia sederajat dengan perawat-perawat luar negeri yang sangat fasih berbahasa Inggris atau pun berbahasa Indonesia semangat Perawat Indonesia kamu bisa

Berita Terkait

4075 Komentar

Bridgette | 22 Mei 2019 - 16:02:32 WIB
While often lumped together using the latter, the previous
actually dffers for the reason that there's only 1 light
connected to the cord where a pendant is suspended.

To extract heat through the soil the warmth pumps are
inserted up to ten feet down in on the ground iin which the
average temperatures vary from 50 to 60 degrees Fahrenheit (10 to 16 degreees Celsius).

A primary concern for Texas electricity consumers is
very little new generation is planned between 2014 and 2016, which often will adversely
modify the entire power scenario.
coin master hack without verification code | 22 Mei 2019 - 14:18:17 WIB
I constantly emailed this website post page to all my friends, as if like to
read it next my links will too.
ntc33 download | 22 Mei 2019 - 14:13:03 WIB
Visitors in many cases get annoyed that can't
enjoy encounter of visiting your website and they leave.
Use controversy, mystery, benefits and breaking news as the triggers for everyone of your titles.
coin master cheats | 22 Mei 2019 - 13:30:53 WIB
I am sure this paragraph has touched all the internet people, its really
really fastidious post on building up new website.
3win8 slot | 22 Mei 2019 - 13:17:16 WIB
You also have to be conscious of the content you leave.
When someone does possess a lot to attempt with outdated numbers game or legislation of averages.

All it takes is somewhat of effort and several hours.
https://fornitefreevbucks2019.xyz | 22 Mei 2019 - 10:08:12 WIB
Each beauty obtainable in Fortnite Battle Royale.
Herpes Zoster | 22 Mei 2019 - 10:02:43 WIB
Someone necessarily lend a hand to make
significantly posts I would state. That is the very first time I frequented
your web page and to this point? I amazed with
the analysis you made to make this particular put up extraordinary.
Excellent job!
anabolic steroids weight loss | 22 Mei 2019 - 07:05:37 WIB
That is a great tip especially to those fesh to the blogosphere.

Brief but very accurate information… Thanls for sharing this
one. A must resad article!
hangzhou normal university english | 22 Mei 2019 - 04:47:26 WIB
It's wonderful that you are getting ideas from this article as well
as ffrom our argument made at this time.
3win8 apk | 22 Mei 2019 - 02:32:41 WIB
Links business websites aimed at your blog or blog are valuable.
You have reviews, how-to's, sites and technical specifications.

In simple terms a quality website is first and foremost.

Isi Komentar